Sunday, May 8, 2016

Studi Kasus - Manajemen Sumberdaya Manusia

Soal Kasus : Semua Manajer Adalah Manajer Sumberdaya Manusia

      Pendekatan manajemen sumberdaya manusia strategic memandang semua manajer sebagai manajer sumberdaya manusia. Persoalan-persoalan MSDM tidak hanya sebagai urusan Departemen SDM saja. Tetapi semua manajer di departemen harus mengambil tanggungjawab agar pemanfaatan karyawan dapat mencapai sasarannya secara efektif dan efisien. Manajer SDM yang berada pada posisi staf,harus memandang perannya sebagai pendukung pokok operasional para manajer. Mereka berperan menasehati, menolong dan memberikan pengarahan untuk menghubungkan dengan persoalan-persoalan sumberdaya manusia. Profesional SDM seharusnya memandang orang-orang yang mereka naehati sebagai pelanggan (customer) dan mereka sendiri sebagai representative jasa ( pelayanan).
      Dengan berpengaruhnya lingkungan terhadap perusahaan dan bertambahnya persoalan-persoalan manusia yang kompleks, para manajer dapat mempengaruhi bawahan, profit dan kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu departemen SDM beoperasi langsung berhubungan dengan departemen lain yang memiliki masalah manusia dan bisnis serta kerjasama dengan departemen lain untuk menanggapi masalah yang berhubungan dengan sumberdaya manusia. Meskipun hubungan ini dapat mengarah terjadinya konflik antar staf, maka konflik tersebut dapat diselesaikan bahkan dihindari dengan mendudukkan permasalahan sesuai dengan proporsinya.
      Manajer SDM berharap dapat berhubungan dengan manajer lini untuk dapat mengetahui masalah-masalah SDM. Manajer lini dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi manajer SDM untuk mengetahui lintas kerja dari bisnis. Manajer SDM tidak familiar dengan produk perusahaan , pasar dan pembiayaan. Hal ini sangat sulit bagi manajer SDM yang tidak terbiasa bekerja erat dengan manajer lini dalam situasi yang normal. Oleh karena itu pengetahuan para ahli SDM tentang strategic perusahaan sangat penting, disamping pengetahuan lain seperti tentang hokum,pajak, keuangan, statistic,computer, teknologi dan pengetahuan tentang ketenagakerjaan.

Pertanyaan:
  1. Jelaskan, mengapa semua manajer adalah manajer SDM
  2. Apa peran SDM dari departemen SDM terhadap departemen lainnya
  3. Apakah terjadi konflik antara departemen SDM dengan departemen lainnya
  4. Mengapa manajer SDM perlu mengetahui tentang pajak,keuangan,teknologi,statistic,computer dan strategi perusahaan?
  5. Apakah spesialis SDM hanya bisa bekerja pada departemen SDM saja?
  6. Mengapa vice president Human Resource pada perusahaan besar sering diisi oleh orang yang pernah menjadi manajer operasi, ttp tidak pernah bekerja pada bidang SDM ?
Mengapa pada saat ini banyak ahli SDM diangkat menjadi president Director suatu perusahaan?Jelaskan.

5 comments:

  1. http://kuliahmanajemenundip.blogspot.com/2016/05/studi-kasus-
    manajemen-sumberdaya-manusia.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
      BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

      Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

      Delete
  2. http://kuliahmanajemenundip.blogspot.com/2016/05/studi-kasus-
    manajemen-sumberdaya-manusia.html?m=1

    ReplyDelete